8/12/09

Ejaan Tepat Bahasa Mandarin

Langkah pertama berbahasa Mandarin

Mandarin mempunyai 4 nada suara dan 1 suara patah atau suara fade out yang lebih pendek daripada 4 nada lainnya. Dalam buku-buku mandarin, perbedaan nada diwujudkan dengan aneka ragam kode misalnya, tulisan angka 1,2,3,4,5 atau ada yang diberi kode sbb :
Nada 1 = ¯ ( garis datar atau kosong tidak berkode )
Nada 2 = ˊ
Nada 3 = ˇ
Nada 4 = ˋ
Nada 5 = ˙
Kode atau tanda garis datar miring atau tulisan angka ada yang dicetak di sisi kanan aksara mandarin atau tanda garis dicetak di atas tulisan ejaan romawinya dan biasanya ditulis di atas huruf vokalnya untuk mengingatkan pembaca bahwa di situlah tekanan nada harus dilakukan.

Nada yang terdiri dari 5 buah ini memegang peranan penting dalam bahasa Mandarin, karena jika terjadi satu kesalahan saja maka kemungkinan besar keseluruhan kalimat akan tidak berarti sama sekali, ataua berubah artinya.

Contoh :

bào zhi = koran
tapi jika huruf pertama bao(4) anda ucapkan dengan nada satu maka akan menjadi bao1 zhi3 dan nada ini akan mirip sekali dengan ucapan untuk
bakpao yaitu bāo zi =
Pelajar yang berbahasa Ibu Indonesia dan Melayu tidak terbiasa dengan ucapan nada 4, apalagi kalau ada dua karakter Mandarin berbunyi sama hanya beda nada, misalnya nada 1 dan nada 4 seperti contoh di atas. Oleh karena itu, perbedaan nada-nada hendaknya menjadi suatu bahan pelajaran yang lebih ditingkatkan jika menekuni percakapan bahasa Mandarin. Selain mengingat perbedaan tulisannya, yang paling penting adalah melatih pendengaran untuk membedakannya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment