8/13/09

Kulit Pizza dan resep

Kulit Pizza Dasar
Bahan:
Tepung terigu gluten tinggi 345 gr, garam 1 sdt, yeast kering /dried active yeast 1 sdt ( atau 1sdt yeast instant ), gula 1sdt, air hangat ( suam suam kuku ) 185 cc, minyak sayur 1 sdb.

Cara membuat :
1. masukkan tepung dan garam dalam sebuah wadah cekung yang besar.
2. dalam sebuah mangkuk bersih campurkan yeast dengan sedikit air dan gula, taruh di tempat yang hangat ( tidak ada tiupan angin dari jendela/ AC ) sampai mengembang.
3. masukkan adonan yeast di no.2 ke dalam tepung di No.1 tadi, serta masukkan pula minyak dan sisa air. ( kalau menggunakan yeast instant maka sebelum mencampur minyak dan air masukkan dulu yeast instantnya di campuran tepung dan garam di no.1 tadi ). Aduk aduk semua bahan ini sampai menjadi adonan yang lembut, lalu diuleni sampai menjadi adonan yang tidak lengket tangan ( kira kira 10menit ) di atas permukaan meja atau tempat bersih dengan ditaburi tepung terlebih dahulu agar tidak melekat di meja.
4. masukkan adonan tepung ini di sebuah mangkuk besar yang sudah ditaburi tepung, lalu tutup mangkuknya dengan kain, taruh di kamar tertutup ( tidak berangin ) selama 45 menit atau sampai adonan membesar menjadi 2 kali lipat.
5. keluarkan adonan yang sudah mengembang ini, diuleni lagi dengan gerakan yang cepat.
6. sapu dengan minyak tipis loyang pizza yang berukuran garis tengah 30 cm, letakkan adonan kulit pizza di tengah loyang, dan ditekan tekan dengan genggaman tangan kita sampai menutupi semua permukaan loyang.

Variasi bentuk :

Bentuk Pizza tidak selalu harus bulat, bisa segi empat atau dibuat kecil kecil sekalipun juga lezat di makan. Maka anda bisa berkreasi sendiri.
Adonan kulit pizza dasar ini juga bisa dipakai dalam loyang segi empat ukuran 25X35 cm. atau dibagi rata dalam loyang pizza yang kecil kecil.

Variasi rasa kulit pizza:
Rasa kacang dan bumbu rempah : campurkan 2 sdb daun ketumbar segar atau 1 sdb daun-daun bumbu kering/rempah-rempah ( Italian herbs ) ke dalam adonan saat menguleninya. Dan kalau suka dengan rasa kacang, maka masukkan kacang walnuts matang atau kacang mede matang cincang ke dalam adonan juga.

Cara meguliti tomat segar: masukkan tomat segar ke dalam panci berisi air yang sedang mendidih, biarkan selama 1 menit, lalu segera angkat dan tiriskan, dikuliti, buang bagian yang keras dan dicincang kasar.
Kalau mau lebih enak maka gunakan tomat cincang kalengan impor, karena tomat impor lebih keras aromanya dan lebih merah kelam warnanya dan sangat cocok untuk membuat pizza.

Adonan Tomat ( 1 porsi ) : ( menjadi adonan dasar untuk semua pizza )
500 gr tomat segar, dikuliti dan dicincang kasar atau tomat cincang siap pakai dalam kaleng) , 2 sdb minyak sayur ( olive ), 1 bawang bombay dikuliti dan dicincang halus, 2 siung bawang putih dicincang halus, 3 sdt tomat pure ( tomato paste ), 1/2 sdt gula, 3 sdt daun kemangi ( basil leaf ) cincang, garam dan bubuk merica secukupnya.
Cara membuat adonan tomat:
Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bawang Bombay dan bawang putih, dalam api sedang kecil masak sampai lembek. Lalu masukkan tomat cincang, tomat pure ( paste ), gula, daun kemangi, garam dan bubuk merica. Aduk aduk, dan tutup wajannya biarkan selama 30 menit dalam api kecil sampai mengental. Jangan lupa mengaduk aduknya agar tidak melengket di dasar wajan.

Resep
Pizza Rasa Tomat

Bahan : 1 porsi adonan pizza dasar yang sudah siap di atas loyang,
Adonan atas Pizza : adonan tomat 1 porsi ( lihat resep adonan tomat ),1-2 sdb minyak sayur ( olive ), 125 gr Mozzarella cheese, 6-8 lembar daun kemangi segar, dan irisan halus daun kemangi untuk taburan penghias.
Cara membuat :
1. panaskan oven dengan suhu 220℃, sapu adonan kulit pizza yang sudah siap di atas loyang dengan minyak 1 sdt. Setelah itu tuangkan campuran adonan tomat yang sudah dimasak tadi ke atasnya.
2. Potong tipis-tipis Mozzarella cheese , lalu ditata dengan teratur di antara adonan tomat tadi. Taburkan garam di atasnya ( sedikit saja ), taburkan juga daun kemangi dan sisa minyak ke atasnya.
3. Panggang dalam oven selama 20 menit atau sampai cheese sudah meleleh dan kulit pizza kelihatan kuning emas . terakhir sebelum disajikan taburi dengan irisan tipis daun kemangi. Dimakan dalam keadaan panas paling lezat!

Tips Dapur Maria:

Minyak sayur olive oil= minyak zaitun
Macam macam cheese yang diperkenalkan dalam resep bisa dibeli di super market besar atau di toko khusus penjual cheese dan ham.
Tomat kaleng ada banyak macam, ada yang masih utuh, ada yang sudah dicincang, atau yang sudah dihancurkan.
Tomat puree adalah tomato paste, bentuknya tidak berair, melainkan seperti pasta odol kental sekali. Biasanya, dijual dalam bentuk kalengan kecil. Jadi bukan tomat segar di puree yang banyak airnya.

Resep :Pizza Daging Sosis Merica

Bahan :1 porsi adonan pizza dasar yang sudah siap di atas loyang.
Adonan Atas Pizza:
2 sdb minyak sayur ( olive), 1 porsi adonan tomat ( lihat resep dasar), 125 gr Mozzarella cheese parut, 3-4 sosis daging, garam dan merica secukupnya, 1 paprika kuning dibuang bijinya dan dicincang halus, 2 sdb Parmesan cheese parut, untuk taburan: daun peterseli cincang secukupnya.
Cara membuat :
1. panaskan oven 220℃, sapu adonan dasar pizza dengan minyak 1 sdb, tuang sampai rata adonan tomat dasar di atasnya, taburi dengan Mozzarella cheese di atasnya.
2. dengan pisau tajam, potong sosis yang sudah dikuliti. Dan cincang kasar taburkan diantara cheese. Dibumbui dengan taburan garam dan merica. Sebelum masuk oven, taburi dengan paprika cincang, parmesan cheese dan sisa minyak sayur ( olive). Panggang selama 20 menit atau sampai kulit pizza mengeras. Taburi dengan daun peterseli sebelum dihidangkan.

Tips Dapur Maria:

Kalau sulit menemukan bahan bahan pizza, terutama bahan seperti tomat pure dan cheese nya, maka kalau anda menggantinya dengan bahan lain, maka akan merubah aroma pizza.
Tapi tidak mengapa bukan ? mungkin menjadi aroma pizza khas milik anda sendiri.
Isi adonan atas untuk pizza, bisa anda variasi sendiri, misalnya dengan makanan laut atau vegetarian sayur-sayuran melulu.
Selamat berkreasi ria !

No comments:

Post a Comment