8/13/09

Ayam Kung Pao (Gung Bao Ji Ding )




Ayam Kung Pao






Bahan :
daging ayam bagian dada 1 porsi,
cabe kering 6 batang, jahe 3 iris,
bawang prey bagian putih 2 batang dipotong per 3 cm,
bawang putih 4 siung dicincang kasar,
tepung kanji 3 sdm,
putih telur dari satu butir telur ayam,
kecap asin secukupnya,
cuka 1 sdt, gula ½ sdt., biji ketumbar Taiwan / huajiao 2 sdm.

Cara membuat :
1. cuci bersih daging dada ayam dari 1 ekor ayam bersama kulitnya, dipotong kecil-kecil ukuran 2X2 cm, dicampuri dengan kecap asin 1 sdm, tepung kanji 3 sdm, remas-remas dengan tangan sampai tercampur rata, dan terakhir masukkan putih telur, remas lagi sampai rata, biarkan selama 15 menit dilemari es.

2. Panaskan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng ayam yang sudah dibumbui tadi, jangan lupa dipisah-pisahkan agar tidak menggumpal. Setelah agak menguning, dan matang, keluarkan dari minyak tiriskan. Jangan lupa digoreng bersama adonannya semua agar tidak kering daging ayamnya.

3. Panaskan wajan dengan 3 sdm minyak bersih, dalam keadaan minyak sudah mengepulkan asap masukkan cabe kering dan biji ketumbar Taiwan, lalu kecilkan api ke tingkat paling kecil, aduk-aduk sampai harum lalu matikan api, keluarkan cabe dan ketumbarnya taruh dipiring. Pisahkan cabe dengan ketumbarnya.

4. Sekarang minyak sisa menggoreng cabe dll tadi dipanaskan lagi, untuk mengoseng jahe, bawang prey, bawang putih sampai harum tapi belum gosong, masukkan ayam yang sudah digoreng tadi, bersama cabe goreng, siram dengan 2 sdm kecap asin, cuka 1 sdt, gula ½ sdt, aduk sampai rata lalu angkat siap dimakan dalam keadaan panas.

No comments:

Post a Comment